Senin, 21 Januari 2019

RIAS PENGANTIN SOLO PUTRI - GENAYU RIAS

Haiii .. Ketemu lagi nih sama aku :)
Semoga kalian nggak pernah bosen ya untuk baca tulisan-tulisan aku walaupun masih apa adanya ini 😍

By the way kali ini aku bakalan cerita ke kalian tentang sesuatu yang sangat-sangat berbeda dari biasanya. Ini pun adalah pengalaman pertama aku yang mungkin keluar dari zona nyaman aku. Memangnya apa sih ??

Jadi kali ini tuh aku bukan yang mau review produk atau cerita tentang aku yang pakai makeup bla-bla tapi ini tuh gantian aku yang di makeup lho. Dan makeupnya juga bukan sembarang makeup tapi makeup yang sarat akan adat dan budaya Indonesia , yaitu makeup/rias ala Pengantin Solo Putri. Awalnya aku agak kaget ketika di tawarin untuk di rias ala Pengantin Solo Putri ini tapi lama-lama aku excited karena pasti bakalan berbeda dari biasanya. Yang merias aku ini tentunya dia bersertifikat dan sudah malang melintang di dunia MUA jadi aku percaya. Namanya adalah Mbak Yeni dari Rias Genayu. Nanti aku bakalan taruh link di paling bawah agar kalian gampang buat tengok-tengok instagram maupun websitenya Mbak Yeni.

Mungkin beberapa dari kalian masih asing ya apa dan seperti apa rias Pengantin Solo Putri itu, nah dari sini aku akan sedikit cerita mengenai rias Pengantin Solo Putri jadi pastikan kalian baca sampai akhir ya agar jelas dan nggak penasaran lagi.

Dalam pernikahan yang menggunakan adat Jawa pastinya tidak terlepas dengan riasan yang sarat akan budaya dan makna. Salah satu ciri khas dari riasan tersebut adalah PAES.
Paes adalah riasan pengantin adat Jawa yang merupakan simbol kecantikan dan kedewasaan seorang wanita Jawa, Riasan Paes ini memiliki beberapa lekukan yang memiliki makna yang mengandung kesakralan maupun mengandung filosofi dalam setiap detailnya.



Siapa disini yang masih asing yang mana sih paes, paes itu riasan di dahi yang berwarna hitam dengan banyak detail lekukan.

www.riannarie.blogspot.com
Paes Solo Putri

Lekukan tersebut meliki nama dan mengandung arti yang sangat dalam :
  • Gajahan / penunggul
Lekukan ini berbentuk seperti setengah bulatan telur bebek yang mengandung arti bahwa seorang wanita akan di tinggikan derajatnya dan di hormati. Dengan harapan bahwa wanita selalu di hormati dan ditinggikan derajatnya.
  • Pengapit
Bentuk pengapit ini runcing dan lurus seperti kuncup bunga kantil dan berada di sisi kanan dan kiri dari gajahan/penunggul. Ini sebagai pengendali dari gajahan agar jalannya lurus kedepan dengan harapan tidak adanya rintangan dalam rumah tangga pasangan pengantin nanti.
  • Penitis
Berbeda dengan gajahan, penitis ini berbentuk setengah bulatan telur ayam yang berada tepat di sisi kanan kiri dari pengapit. Penitis melambangkan bahwa segala sesuatu harus memiliki tujuan dan efektif dengan harapan seperti pasangan kelak dapat mengatur anggaran rumah tangga dengan baik.
  • Godheg
Lekukan ini menyerupai cambang dan melambangkan agar kedua pasangan agar bertindak selalu bijaksana dan selalu introspeksi diri.

Membuat paes pun tidak sembarangan lho Beauties. Paes di buat juga ada rumusnya dan pakemnya. Jadi sebelum membuat paes kita perlu membuat cengkorongan yaitu seperti pola sebelum hitam-hitamkan. Nah untuk membuatnya berwarna hitam itu dengan menggunakan pidih.

Sebelum dirias Paes dan yang lainnya aku di tata rambutnya dulu. Tata rambut dalam Pengantin Solo Putri ada dua yaitu Sunggar dan Sanggul. Sunggar adalah satu bentukan rambut dengan cara menyasak bagian depan rambut kepala manusia sehingga berbentuk setengah lingkaran dengan ketinggian rambut yang diinginkan (jennysiregar). Sanggul adalah gelung rambut perempuan diatas atau di belakang kepala (KBBI).

www.riannarie.blogspot.com


www.riannarie.blogspot.com
Sunggar Solo Putri


Pertama-tama Mbak Yeni menyasak rambut aku dan membuat sunggar. Membuat sunggar ternyata sangat susah Beauties dan itupun diakui oleh Mbak Yeni sendiri.Walaupun susah tapi Mbak Yeni membuatnya dengan sangat apik dan rapi lho.
Sanggul yang aku pakai disini namanya sanggul Bangun Tulak. Sebenarnya sanggul atau konde itu banyak yang tinggal pasang saja atau sanggul sudah jadi namun disini Mbak Yeni tidak menggunakan sanggul yang sudah jadi dan lebih memilih sanggul dari daun pandan. Selain juga sarat dengan makna sanggul dari daun pandan ini lebih fleksibel saat di gunakan sesuai dengan ukuran kepala kita dan tentunya aroma harum dari daun pandan itu sendiri membuat aura pengantin jadi lebih keluar.
Dan benar saja ketika selesai terpasang di kepala aku aroma wanginya langsung menyebar πŸ˜„.

www.riannarie.blogspot.com
Sanggul dari daun pandan

www.riannarie.blogspot.com
Sanggul Bangun Tulak

Setelah selesai dengan tatanan rambut Mbak Yeni kemudian merias wajah aku. Dengan pertama-tama membersihkan wajah aku kemudian Mbak Yeni memberikan primer ke wajah aku supaya riasan dapat dengan maksimal menempel dan lebih tahan lama. Setelah primer selesai di lanjut dengan foundation, disini Mbak Yeni meracik sendiri dengan campuran beberapa pelembab dan foundation yang disesuaikan dengan warna kulit aku. Berbeda dengan MUA lain yang pernah aku gunakan , pemberian foundation dari Mbak Yeni ini tidak berat dan terlihat smooth tanpa efek mendempul. Jadi istilahnya masih match dengan warna asli dari kulit aku.

Foundation selesai dan bedak selesai lanjut ke tahap kontur dan blush. Konturnya pun menurut aku rapi dan tidak membuat seakan-akan wajah kita belang atau kotor. Begitu pula dengan blushnya yang masih kalem dan tidak gonjreng-gonjreng πŸ˜‚.

Selesai complexion Mbak Yeni mulai merias mata. di makeup look yang pertama Mbak Yeni memilih makeup mata yang berwarna nuansa cokelat smooky dan riasan mata yang kedua Mbak Yeni memberikan warna gold shimmer. Aku sendiri suka dengan makeup mata yang di buat oleh Mbak Yeni ini karena sangat rapi.

www.riannarie.blogspot.com
Look 1
www.riannarie.blogspot.com
Look 2


Nah yang membuat aku terlihat sangat berbeda sebenarnya adalah bagian bibir. Bagian bibir aku di buat Mbak Yeni overline. Seriusan ini yang membuat aku tampak berbeda dari segi bentuk mulut hingga pengaruh ke wajah. Untuk tampilan yang pertama Mbak Yeni mengaplikasikan lipstik berwarna nude ombre dan tampilan kedua berwarna merah.

www.riannarie.blogspot.com
Look 1

www.riannarie.blogspot.com
Look 2

Setelah riasan wajah dan rambut selesai aku di pasangi rangkaian bunga melati dan cunduk mentul yang berjumlah 7. Dan setelah semua selesai aku berganti baju dan taraaaaaa ~~~~

www.riannarie.blogspot.com

www.riannarie.blogspot.com

www.riannarie.blogspot.com

www.riannarie.blogspot.com


Gimana menurut kalian Beauties ?? sudah cocok jadi pengantin belum nih *ehhh 😁

Overall aku suka dengan hasil riasan dari Mbak Yeni Genayu. Selain hasilnya rapi dan bagus Mbak Yeni juga menggunakan produk-produk makeup yang tentunya juga bagus.

Selain rias pengantin , Genayu juga bisa rias untuk wisuda lho dan tentunya harga bersahabat banget-nget-nget, dan bisa datang ke lokasi/rumah/kos kamu lho. Nah lohhh kurang apalagi Mbak Yeni ini :) Tenang aja Beauties orangnya super baik dan telaten jadi bisa dipastikan juga hasil riasan kamu bakal bagus πŸ‘.

Sooo buat kalian yang anak Solo-Jogja dan sekitarnya bisa pakai jasa rias dari Mbak Yeni buat wisuda atau acara yang lainnya. Ini serius aku rekomendasikan yaa untuk kalian.

Thankyou somuch Mbak Yeni untuk riasan yang benar-benar beda dari aku yang biasanya πŸ’—πŸ’—

www.riannarie.blogspot.com

www.riannarie.blogspot.com





Rias Genayu

Telp/WA : 082136111259
Email : yenipuspitaningtyas@gmail.com
Website : www.genayu.inInstagram : poespitaningtyas



14 komentar:

  1. Udah cocok beb jadi pengantin hehe cantik banget lho, pangling jadinya aku πŸ˜‡

    BalasHapus
  2. ayu tenan rek,,, cocok udah menikah hehhee

    BalasHapus
  3. Uayu tenan 😍 dulu aki nikah juga paesan gitu tapi nggak tau nama-namanya jujur. Makasih di kasih ilmu baru 😘

    BalasHapus
  4. Aku pas nikah juga pake paes beb tapi aku gk diukir pake yg kaya stiker

    BalasHapus
  5. Aq kira bneran mau nikah liat ini bebb... Udah cocok bangettt

    BalasHapus
  6. Aduh duh...cakep banget sih kamu beb....

    BalasHapus
  7. waaah bener ini udah manglingi banget loh beb, suka makeupnya <3

    BalasHapus
  8. Wiii cantik banget, kok beda ya? HeheheπŸ™ˆπŸ™ˆ

    BalasHapus
  9. Neng cantik amat neng. Sendirian aja neng nikahnya? Mo sama abang ga neng, abang temenin.

    BalasHapus
  10. Wahh manglingi deh, cantik banget bebb

    BalasHapus
  11. Hasilnya keren banget lohh Beb, bener banget manglingin si pengantinnya😍😍😍

    BalasHapus
  12. Seperti riasan wanita jepang ya.. sanggul jawa..

    BalasHapus
  13. Hallo Kaka-kaka Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Kologdam Grand Ballroom Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan!! Serta kita ada BONUS loooh tanpa diundi!!

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    BalasHapus
  14. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus